Lima bulan sudah kulalui dengan ketidakpastian. Langkah demi langkahku jalani menyusuri kota ini, mondar-mandir di keramaian kota. Perjalanan ini terasa  sangat menyedihkan(Ebit. G.Ade) mungkin inilahyang kurasakan saat ini. Dulu sewaktu kuliah and sekolah bacaan yang dibaca tentu buku mata kuliah/ mata pelajaran namun sekarang yang menjadi bacaan yaitu koran yang dibaca pun bukan berita utama yang ada dikoran akan tetapi berita kolom lowongan pekerjaan. Terkadang ada perasaan malu jika mengirim surat lamaran lewat POS karena terlalu sering kali,, mungkin petugas POS kenal dengan wajah saya.

Dalam keadaan ku sekarang cocok dengan lagu Iwa Fals “Sarjana Muda”

…engkau sarjana muda bergelut dengan waktu…

…empat tahun lamanya bergelut dengan buku tuk jaminan masa depan…

…setengah putus asa ia berkata maaf Ibu…

…sia-sia ijazah mu…


Mendengar lagu ini terkadang membuatku sedih tetapi dengan mendengar lagu ini juga timbul semangat optimis,keyakinan yang kuat dalam hati yang berkata ” SAYA BISA”.

Dalam keadaan ku sekarang mungkin yang ku pikirkan yaitu kedua orang tuaku tersayang dan tercinta dan saudaraku (kakang/adingku) karena belum bisa memberikan yang terbaik bagi mereka.

Tapi yakinlah bahwa saya bisaberikan yang terbaik bagi semua karena itu semua ” Butuh Waktu” kata RADJA Band. Hidup ini adalah perjuangan tanpa henti, kuakan sabar menjalani perjalanan ini karena kesabaran dalah mutiara kehidupan.

By. MJ 2010