SKRIPSI AKUNTANSI

USULAN PENELITIAN

PENGARUH  PERUBAHAN PENDAPATAN, ARUS KAS  DAN LABA PER SAHAM  TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN  YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

1. Latar Belakang Masalah

Dalam beberapa tahun terakhir ini dunia usaha mengalami perkembangan yang luar biasa. Terlebih lagi dengan munculnya arus globalisasi yang di tandai dengan perdagangan bebas yang telah direstui oleh WTO (World Trade Organization). Perkembangan dalam dunia usaha ini diiringi dengan peningkatan peran laporan keuangan, yang merupakan catatan sistematis  bukti aktivitas dan kondisi perusahaan, sekaligus menjadi pedoman bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan.

Sebagaimana kita ketahui, laporan keuangan terutama ditujukan untuk pihak eksternal perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, terutama bagi investor dan kreditor. Menurut Sofyan dkk (2004:22) tujuan laporan keuangan yaitu pengambilan keputusan investasi dan pembiayaan, menilai prospek arus kas dll. Informasi yang terkandung dalam laporan keuangan banyak memberikan manfaat bagi pengguna apabila laporan tersebut dianalisis lebih lanjut sebelum dimanfaatkan sebagai alat bantu pembuatan keputusan. Dari laporan keuangan perusahaan dapat diperoleh informasi tentang kinerja, aliran kas perusahaan, dan informasi lain yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Agar dapat dijadikan sebagai salah satu alat pengambil keputusan yang andal dan bermanfaat, sebuah laporan keuangan harus memiliki kandungan informasi yang bernilai bagi investor. Informasi tersebut setidaknya memungkinkan mereka untuk melakukan penilaian saham yang mencerminkan hubungan antara resiko dan hasil pengembalian yang sesuai dengan preferensi masing-masing investor. Suatu laporan keuangan dikatakan memiliki kandungan informasi apabila publikasi laporan keuangan tersebut menyebabkan reaksi pasar. Reaksi pasar ini direfleksikan dengan adanya transaksi jual beli saham, yang berarti juga akan mempengaruhi volume perdagangan saham dan harga saham perusahaan.

Salah satu komponen informasi akuntansi yang terkandung dalam laporan keuangan diduga mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan antara lain perubahan dalam laba per saham, arus kas dan pendapatan. Ketiga komponen ini seringkali menjadi pertimbangan utama oleh para investor sebelum mengambil keputusan untuk menanamkan dananya di sebuah perusahaan. Neiderhaffer dan Regan membenarkan bahwa harga saham sangat bergantung pada perubahan pendapatan ( Fabozzi,1995 : 233 ).

Dengan memperhatikan laba per saham maka investor  dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di pasar modal. Laba per saham dipengaruhi oleh pendapatan perusahaan. Jika pendapatan perusahaan tinggi maka laba per saham juga akan tinggi, begitu juga sebaliknya. Hal ini yang akan mempengaruhi harga saham, karena pergerakan harga saham pengaruh awalnya adalah pendapatan perusahaan  (Suad Husnan, 1998;287). Informasi tentang arus kas suatu perusahaan berguna bagi para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas dan menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Dalam proses pengambilan keputusan ekonomi, para pemakai perlu melakukan evaluasi terhadap kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta kepastian perolehannya . Tujuan Pernyataan ini adalah memberi informasi historis mengenai perubahan kas dan setara kas dari suatu perusahaan melalui laporan arus kas yang mengklasifikasikan arus kas berdasarkan aktivitas operasi, investasi maupun pendanaan (financing) selama suatu periode akuntansi.

Penelitian ini mengindikasikan satu hal yaitu bahwa informasi dalam laporan keuangan diantaranya adalah perubahan pendapatan, arus kas, dan laba per saham mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap harga saham, yang ini ditunjukkan dengan naik turunnya harga saham perusahaan. Salah satunya pada perusahaan manufaktur berikut yaitu Apexindo Pratama Duta Tbk dimana jumlah pendapatan Rp.2.709.019.050.000 (2008), dan Rp.1.884.007.218.000 (2007), total arus kas Rp.545.550.900.000 (2008) dan Rp.412.957.160.000 (2007) juga diiringi dengan peningkatan harga saham Rp.2.450 (2008) dan Rp.2100 (2007)

Dari data di atas tampak bahwa peningkatan pendapatan, total arus kas, sehingga harga saham ikut meningkat pada perusahaaan APEX. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan di atas, dan dengan mempertimbangkan relevansi topik yang dipilih, maka penulis mengajukan  penelitian dengan judul : “Pengaruh Perubahan Pendapatan, Arus Kas, dan Laba Per Saham Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”

2. Perumusan Masalah

1.  Bagaimana pengaruh perubahan pendapatan terhadap harga saham pada perusahaan-perusahaan yang go public ?

2.  Bagaimana pengaruh perubahan total arus terhadap harga saham pada perusahaan-perusahaan yang go public ?

3.  Bagaimana pengaruh perubahan laba per saham terhadap harga saham pada perusahaan-perusahaan yang go public ?

4. Diantara variabel perubahan laba per saham, perubahan total arus kas, dan perubahan pendapatan, variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap harga saham ?

untuk selengkapnya hub. saya: mj_ardiba@yahoo.co.id

Melson-Djaya/1680150965″ title=”Melson Djaya” target=”_TOP” style=”font-family: “lucida grande”,tahoma,verdana,arial,sans-serif; font-size: 11px; font-variant: normal; font-style: normal; font-weight: normal; color: #3B5998; text-decoration: none;”>Melson Djaya | Buat Lencana Anda

About these ads